Langsung ke konten utama

Tempe Goreng Panir Isi Keju Molor-Molor

Resep anak kos Tempe Goreng Panir Isi Keju Molor-Molor

Resep praktis dan ekonomis tempe panir isi keju ini diadaptasi dari resep Cordon Bleu, menu andalan lezat orang Austria. Jadi ceritanya ini adalah Cordon Bleu dengan kearifan lokal ala anak kos. Hemat dan cepat membuatnya, lezatnya gurih kenyal, keju-nya molor-molor menggoda.

Kamu pernah makan cordon bleu? saya pernah dong. Itu adalah daging sapi goreng berbalut tepung panir yang dalamnya berisi lembaran keju dan lembaran Kochschinken. Kochschinken adalah ham yang direbus lalu diiris tipis-tipis. Umumnya terbuat dari daging babi tetapi banyak juga yang terbuat dari daging kalkun.

Tempe Goreng Panir Isi Keju Molor-Molor


Nah sekarang kita mau bikin Cordon Bleu versi irit ala anak kos, dan juga demi kesehatan. Jadi kita ganti dagingnya pakai tempe. Sip kan? Percayakah kalian bahwa terlalu banyak makan daging tidak begitu bagus buat kesehatan? Jadi dagingnya kita ganti tempe. Sumber protein nabati gitu loh...

Untuk resep cordon bleu versi yang asli, tunggu tanggal muda ya...

Apa itu tepung panir?

Tepung panir disebut juga dengan tepung roti, karena memang terbuat dari roti. Cara bikinnya adalah dengan mengeringkan roti putih sampai benar-benar kering, kemudian diparut atau dihancurkan, lalu diayak kasar. Hasil akhirnya adalah tepung bertekstur kasar dan berwarna kecoklatan. Nama yang lebih tepat sebenarnya remah roti.

Tepung panir adalah bahan makanan yang murah sekali, jadi kamu tidak perlu membuatnya sendiri. Ribet. Belilah yang sudah jadi. Di Jerman namanya adalah Paniermehl, bahasa inggrisnya adalah Breadcrumbs.

Agar keju-nya bisa molor-molor, pilihlah lembaran keju Mozzarella. Keju ini berasal dari susu kerbau. Rasanya tidak terlalu gurih cenderung hambar tapi molornya heboh sekali. Bagi yang suka keju gurih, pilihlah jenis lain misalnya Gouda, atau keju kesukaan yang lain.

Yuk kita mulai saja...

Resep Tempe Panir Isi Keju ala Anak Kos Irit Praktis dan Gurih Lezat

Bahan-Bahan (tak ada ukuran pasti, sesuaikan sendiri ya)

  • Tempe Papan
  • Bawang Putih
  • Garam
  • Telur
  • Tepung Panir
  • Keju Lembar
  • Ham (bisa skip)

Persiapan

  1. Potonglah tempe menjadi empat persegi panjang. Irislah tipis-tipis, setipis yang kamu bisa. Sisihhan.
  2. Gepreklah lalu cacah halus bawang putih (bisa juga diulek pakai cobek), campur dengan air dan garam. Gunakan untuk merendam tempe. Sisihkan.
  3. Kocok telur dalam wadah agak besar. Sisihkan.
  4. Ratakan tebal-tebal tepung panir pada sebuah piring datar. Sisihkan

Cara Bikin Tempe Panir Isi Keju

  1. Pakai wajan datar, panaskan minyak banyak-banyak untuk menggoreng. Jika kurang banyak akan bikin gosong dan tidak cantik.
  2. Ambil selembar tempe yang telah dibumbui bawang putih dan garam, lalu taruhlah selembar keju diatasnya (optional: letakkan juga selembar ham keatasnya). Selanjutnya letakkan selembar tempe lagi keatasnya. Tumpukannya menjadi tempe - keju - ham - tempe.
  3. Celupkanlah tumpukan tempe ke dalam kocokan telur. Kemudian segera taruh di atas tepung panir. Lumuri semua sisinya  (atas dan bawah, juga sisi-sisinya) dengan tepung panir dan tekan-tekan dengan lembut.
  4. Jika tempe sudah tertutup dengan tepung panir dengan sempurna, angkat dan tepuk-tepuk ringan agar tepung yang tidak menempel rontok. Jika tidak ditepuk-tepuk maka remah panir ini akan mengotori minyak.
  5. Tanpa menunggu, gorenglah tempe panir dengan minyak panas yang banyak. Sesekali intip lapisan bawahnya. Jika sudah berwarna coklat keemasan, baliklah dia. Goreng sampai kedua sisinya berwarna coklat keemasan cantik. Balik sekali saja ya, jika terlalu sering bisa rusak dan lapisan panirnya mengelupas.

Selesai. Tempe goreng panir isi keju ini bisa dinikmati dengan kentang rebus. Agar lebih heboh, colekkan pada mayo atau saus tomat. Cobalah pakai sambal kecap, lezat sekali!

Follow my blog with Bloglovin

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa