Langsung ke konten utama

Sop Ayam no-ulek Gurih Legit Penuh Gizi dan Vitamin

Sop Ayam no-ulek Gurih Legit Penuh Gizi dan Vitamin

Resep sop ayam praktis anak kos. Gurih lezat dan tidak hambar. Bikinnya kilat rasanya nikmat. Tanpa ulek langsung jadi. Masakan inovatif yang sederhana. Ayam dan Sayur ada semua.

Gimana semestaaaa...? Sedang menggigil kedinginan kan? Bagi yang sedang ngekos di Eropa, ini adalah bulan-bulan penuh tantangan karena sudah mulai turun salju. Bagi yang ngekos di Indo, ya... Desember juga termasuk bulan sendu dan dingin kan? hujan dan lembab. Untuk itulah mari kita bikin yang anget-anget lezat. 

Sayur sop-sopan made in Germany

Sepertinya semua negara di bumi ini mempunyai paket sayur sop-sopan ya? Di Jerman juga ada. Namanya Suppengrün. Kalau Indonesia namanya sayur sop-sopan. Dari semua paket sayur sop yang ada, sepertinya mereka mempunyai satu kesamaan yaitu bahwa sayur ini akan digunakan untuk membuat sup lengkap dengan aneka macam sayuran. Perbedaan jenis sayurnya hanya sedikit saja, Semuanya disesuaikan dengan kearifan lokal negara masing masing. Kesamaannya adalah sayuran sop-sopan dari segala penjuru dunia akan menghasilkan rasa segar dan legit meskipun pakai bumbu minimalis.

Seperti di Jerman misalnya, bahan khas paket sayur sop-sopan adalah umbi-umbian seperti wortel, umbi seledri, lobak plus daun-daunan seperti daun bawang dan seledri. Sementara Indonesia lebih menyukai kentang dan wortel, lalu ada daun seledri dan daun bawang pre, plus kadang-kadang satu paket sayur sop-sopan versi indo juga diserai bihun. Seperti yang dijual abang-abang sayur keliling. 

Apapun itu, Marilah kita membuat sayur sop sesuai dengan kearifan lokal negara masing masing. Dan marilah menambahkan nilai plus ke dalamnya.

Berikan nilai plus kedalamnya

Sayur sop memang penuh vitamin karena terbuat dari aneka sayuran. Segar dan lezat. Apalagi dimakan panas-panas plus sambal terasi dan lauk kerupuk. 

Agar sayur sop semakin bergizi, kita bisa menambahkan ayam ke dalamnya. Ayam akan memberikan protein bagi tubuh sehingga daya tahan tubuh dalam suhu dingin akan semakin kuat. Ada vitamin, ada protein. Tubuh kita akan berterimakasih karenanya. 

Bagian dari ayam yang paling cocok untuk ditambahkan ke dalam sayur sop adalah bagian yang mengandung kulit seperti misalnya sayap ayam atau paha ayam. Tentu saja jika kamu menyukainya, bisa ditambahkan ceker ayam. Kenapa harus bagian yang ada kulitnya? Karena kulit jika dimasak akan menghasilkan minyak dan minyak ayam rasanya gurih sekali. Janganlah kuatir akan kolesterol karena tubuh kita juga membutuhkan asupan lemak. Orang hanya perlu bijak dalam jumlah yang dikonsumsinya.

Tips membuat sayur sop gurih legit nikmat menggoda

Saya ingat dulu waktu masih ngekos di Surabaya. Saya makan sehari tiga kali di warung karena belum bisa masak, masih culun. Kadang-kadang menunya adalah sup sayuran. Dan tahukah kamu rasanya? Hambar dan tidak lezat sama sekali. Pokoknya itu adalah sayur sop terjelek yang pernah saya makan. Sayurnya sedikit, daging ayamnya hanya potongan-potongan kecil dan kuahnya banyak sekali sampai memenuhi panci. Maklumlah, warung makan kan harus dapat untung. Banyak sekali dapat untung.

Atas pengalaman itu, jadi memasak sayur sop itu seharusnya begini: potong-potong semua sayuran lalu masukan ke dalam panci. Bersihkan potongan ayam, lalu masukan juga. Dan jangan kasih air banyak banyak ke dalamnya. Cukup agar mereka semua terendam. Lalu untuk menambah rasa agar semakin gurih, tambahkan sedikit micin ke dalamnya. Jangan kuatir, micin itu sama halnya dengan garam dan gula.

Resep sop ayam sayuran anak kos irit praktis tanpa ulek langsung jadi

resep anak kos Sop Ayam no-ulek


Bagan-Bahan (jumlahnya sesuaikan sendiri ya...)

  • 1 paket Sayur Sop
  • Sayap atau Paha Ayam dan Ceker
  • Minyak
  • Air

Bumbu-Bumbu Untuk Sayur Sop Ayam

  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Garam
  • Merica
  • Micin
  • Tambahan agar semakin sehat: Jahe bubuk dan sedikit Pala bubuk

Cara membuat sayur sop plus ayam ala anak kos sehat bergizi

  1. Potong-potong semua sayuran untuk sop, cuci dan tiriskan. Bersihkan sayap/paha/ceker ayam. Sisihkan
  2. Rajang halus bawang merah dan bawang putih, lalu goreng dengan sedikit minyak sampai layu. Masukkan semua sayuran dan ayam kemudian tambahkan air sampai semuanya terendam. Jangan terlalu banyak kasih air ya....
  3. Bumbui dengan garam, merica, jahe dan pala. Masak dengan api kecil sampai semuanya matang. Benar-benar matang berminyak. Cicipi dan sesuaikan rasa. Masak sop jangan pakai api besar karena rasanya tidak akan gurih sempurna.
  4. Terakhir tambahkan sedikit micin. Micin akan menyempurnakan rasa gurih pada semua masakan.

Selesai dan selamat menikmati. Sampai jumpa pada resep praktis dan cepat selanjutnya.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa