Langsung ke konten utama

Resep Anak Kos Praktis; Sayur Cabe Pedas Nampol

Resep Anak Kos Praktis; Sayur Cabe Pedas Nampol

Resep anak kos praktis dan super kilat, cocok untuk memasak cepat pada hari sibuk. Sayur cabe gurih lezat pedasnya nampol. Tanpa ulek langsung jadi. Makanan sederhana bergizi tinggi, mengandung tempe dan sayur mayur. Sangat cocok buat vegetarian maupun orang yang sedang diet.

Sayur cabe versi Jawa ini memang sangat versatile ya... yang suka pedas jadi lahap, yang tidak suka pedas pun akan dengan gembira menyantapnya. Bahkan anak kecil bisa memakannya dengan lahap. Lho kok bisa, apa tidak kepedasan? Tidak dong, kan ada trik untuk membuatnya. Pokoknya dijamin semua orang akan menyukainya. Yuk simak cara memasaknya.

Separuh bahannya adalah cabe utuh!

Kamu tahu cabe rawit kan? itu cabe pedasnya memang gila-gilaan, apalagi yang sudah berwarna merah. Sayur cabe ini adalah makanan ndeso dari Jawa. orang Jawa menyebutnya dengan nama Jangan Blendi atau Jangan Lombok. 

Namanya saja sayur cabe, jadi bahan utamanya ya cabe. Jadi separuh dari masakan ini, bahannya adalah cabe rawit utuh. Ingat ya cabe utuh, tidak di gerus. Jadi siapa pun yang memakan masakan, asalkan cabenya masih utuh maka dia tidak akan kepedasaan. Nah bagi yang suka pedas, tentu saja dia akan melumat cabe ini pada piringnya. Itulah kenapa orang yang tidak suka pedas tetap bisa makan sayur cabe ini. Simpel kan?

Bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat sayur cabe ini adalah buncis-buncisan atau kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang kapri, pokoknya sayuran yang ijo-ijo panjang dan segar. Bisa juga menggunakan nangka muda, Tahu-tempe, bahkan tak jarang pula orang menggunakan daging dan tetelan. Pokoknya isinya suka-suka tergantung apa yang ada di kulkas. Dan tentu saja harus ada cabai nya.

Pada resep kali ini kita akan menggabungkan cabai dengan tempe dan kacang kapri. Rasanya lezat legit gurih menggoda dan pedasnya benar-benar nampol. Ceritanya sedang jadi vegetarian karena hari sebelumnya saya terlalu banyak makan daging. Makan daging lauk nasi, bukan makan nasi lauk daging.

Karena saya tidak menyukai masakan yang terlalu pedas, maka dalam resep ini saya tidak menggunakan cabai sebanyak separuh dari bahan-bahannya melainkan hanya beberapa biji saja. Jika kamu menyukai pedas, kasihlah cabai yang banyak.

Dan seperti biasanya, semua resep yang ada di blog ini adalah resep praktis dan supercepat. Oleh sebab itu saya ganti semua rempah-rempah segar menggunakan rempah bubuk. Teknik menggunakan rempah bubuk agar menghasilkan masakan yang lezat sempurna adalah dengan mencampur semua rempah-rempah bubuk ini dengan air lalu mengaduknya. Selanjutnya gorenglah mereka menggunakan sedikit minyak sampai membentuk krim yang kental. Maka dia bisa diaplikasikan langsung dalam masakan. Segar dan wanginya akan sama dengan masakan yang menggunakan rempah segar.
Orang sibuk atau orang yang menyukai gaya hidup praktis pasti menyukai resep masakan simpel seperti ini. 

Apalagi yang sedang ngekos di luar negri, dimana semua jendela tertutup karena udara dingin di luar sana, pasti selalu merasakan aroma tidak nyaman di dapur setelah memasak menggunakan rempah-rempah berat dan bawang merah. Maka rempah bubuk adalah solusi yang sangat bagus.

Rempah bubuk atau serbuk seperti jahe, kunyit, kencur dan lain-lain bisa dibeli di supermarket terdekat atau olshop kesayangan.

Yuk kita mulai saja....

Resep praktis anak kos; Sayur cabe pedas super praktis dan simpel. Lezat gurih pedasnya nampol

Bahan-Bahan

  • Cabe Rawit Utuh sesuai selera (saya pakai 6 biji)
  • 500 gram Kacang Kapri atau Buncis
  • 200 gram Tempe
  • 250 ml Santan Instan
  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 200 ml Air (1 gelas)

Bumbu-Bumbu

  • 6 Siung Bawang Merah
  • 3 Siung Bawang Putih
  • 1,5 sdt Kunyit Bubuk
  • 1/2 sdt Lengkuas bubuk
  • 1,5 sdt Kemiri bubuk (Yang di LN bisa pakai kacang mandel bubuk, rasanya sama)
  • 1 sdt Gula Semut (gula merah bubuk)
  • 2 sdt Garam

Persiapan:

  1. Siangi kapri/buncis, potong-potong pendek, cuci, tiriskan. Tempe dipotong-potong kubus, sisihkan.
  2. Bikin bumbu: Campurlah bumbu serbuk berikut dengan 100 ml (1/2 gelas) air: Kunyit, lengkuas dan kemiri/mandel. Aduk rata, sisihkan.
Resep Anak Kos Praktis


Cara memasak cepat sayur cabe ala anak kos

  1. Rajang kasar (atau chopped) bawang merah, bawang putih dan satu biji cabe, gorenglah dengan 3 sdm minyak sampai layu.
  2. Masukkan bumbu campur dan gorenglah terus sampai membentuk krim yang kental berminyak dan harum.
  3. Masukkan cabe rawit utuh, kapri/buncis dan tempe. Oseng sebentar. Lalu masukkan satu gelas air, gula semut, garam dan setengah dari santan.
  4. Masak dengan api sedang, tutuplah panci/wajan. Sesekali di balik agar masak merata.
  5. Jika semua sudah matang dengan sempurna, kecilkan api dan masukkan sisa santan. Aduk terus agar santan tidak pecah atau mendidih.

Selesai. Sayur cabe pedas nampol yang cara membuatnya praktis dan cepat ini lezat sekali dimakan dengan nasi hangat. Jangan lupa sertakan lauk kerupuk. 

Begitulah, anak kos sekalian, mudah sekali bukan? pokoknya kalau kamu sering berkunjung ke blog masakan kosan ini, maka suatu saat kamu akan pandai memasak, dan tentu saja akan jadi orang sehat wal afiat penuh gizi karena menjaga makanan.

Sampai jumpa pada resep anak kos yang mudah selanjutnya ya....

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa