Langsung ke konten utama

Rujak Petis Advanced Tanpa Ulek Langsung Enak

Rujak Petis Advanced Tanpa Ulek Langsung Enak

Resep rujak petis jawa-timuran praktis ala anak kos. Tanpa Ulek tanpa ribet langsung sedap. Cocok buat anak sibuk yang merindukan kelezatan otentik dan kebersihan terjamin. Resep asli, rujak bikin sendiri.

Apa Kabar anak Jawa Timur? Pasti kalian sedang ingin ngemil rujak petis kan? Apalagi rujak petis suroboyoan yang pakai cingur itu. Kangen rek..! janganlah bersedih. Saya punya kabar baik karena  mulai sekarang kita bisa bikin rujak petis jawa-timuran sendiri. Ini adalah rujak yang sangat praktis karena kita tidak perlu mengulek apapun. Pokoknya takar - cemplung-cemplung, aduk-aduk langsung jadi deh...

Rujak Petis Tanpa Ulek

Nama masakan ini adalah "Rujak Petis Advanced". Keren kan? Itu bukan hanya sekedar nama melainkan memang begitulah adanya. Pokoknya ini adalah resep advanced yang proses membuatnya maupun rasanya bisa mengalahkan rujak petis konvensional ala warung-warung pinggir jalan itu. 

Kenapa bernama rujak petis advanced? karena kita akan membikinnya dengan cara canggih, praktis dan cepat sesuai tuntutan jaman, namun tak menghilangkan rasa otentisnya. Jika kamu mau bikin rujak petis ala jaman kakek-nenek kita, maka kamu harus mempersiapkan waktu khusus dan tenaga yang besar, karena kamu harus mengulek campuran bahan pada sebuah cobek. Ini adalah proses yang tidak begitu menyenangkan. Bisa bikin pergelangan tangan keseleo. Pokoknya memasak pakai acara ulek-mengulek tidaklah menyenangkan.

Tentang kelezatannya, boleh di adu! Rujak petis jawa timuran mempunyai rasa kelezatan khas yang berbeda dari satu warung ke warung lainnya. Setiap warung mempunyai ciri khas kelezatan tersendiri. Dari semua variasi kelezatan itu, mereka semua mempunyai gabungan unik dari rasa pedas, gurih, asin, asam dan manis. Ini akan terpadu secara harmonis dalam penyajian bersama aneka sayuran, tahu tempe, dan kadang-kadang cingur. Plus lontong sebagai penyempurna rasa.

Bumbu rujak petis adalah gabungan harmonis dari kacang tanah, gula merah, petis, garam, asam, bawang putih dan terkadang irisan pisang tanduk mentah bersama kulitnya.

Kulit dan Pisang tanduk mentah memberikan rasa kesat yang legit. Tetapi kita tidak menggunakannya dalam resep ini. Apakah kamu pernah menyimpan pisang tanduk mentah di dapur? Saya tidak.
Pemakaian bawang putih bisa disesuaikan dengan keadaan. Saya kadang memakainya, kadang tidak. Bawang putih mentah memberikan rasa gurih pada rujak petis, tetapi dia juga memberikan efek samping pada aroma nafas kita. Gunakanlah bawang putih secara bijak, misalnya pada hari minggu saat kamu tidak bekerja atau tidak ngampus dan memutuskan tinggal di rumah saja.

Pada jaman dahulu kala, sebelum ada internet, para pendahulu kita telah membikin rujak petis dengan proses yang sangat amat panjang. Mereka harus menggoreng kacang tanah sampai renyah, kemudian meraciknya dengan bahan lain, lalu mengulek racikan itu pada sebuah cobek besar. Proses ulek membutuhkan waktu yang tidak cepat karena kacang tanah yang keras itu harus hancur dalam cobek dan bercampur sempurna dengan bumbu lain sebelum dicampur dengan sayuran dan bahan lain. 

Ribet kan? Saya yang mengagungkan modernisasi dan hidup praktis ini, tak akan pernah mau bikin rujak petis seperti itu. Pasti kamu juga memilih untuk beli di warung daripada bikin sendiri.

Tetapi saya telah menciptakan formula baru, maka jadilah resep rujak petis advanced andalan ini. Kuncinya adalah praktis - cepat - ekonomis - higienis dan tentu saja lezat seperti aslinya. Jadi kita tidak akan mengulek kacang tanah karena kacangnya sudah lembut dan dikemas dalam gelas. Tinggal mencampur dengan bumbu lain.

Selai kacang penyelamat bangsa

Yang saya maksud adalah selai kacang tanah. Nama lainnya adalah Pindakaas, Erdnussbutter atau peanuts butter. Ini bisa di beli supermarket terdekat atau olshop kesayangan masing-masing. Jadi kita akan menggunakan selai kacang untuk mengganti kacang tanah.

Selai kacang ada dua macam. Ada yang crunchy dan ada yang creamy. Untuk rujak petis kita pilih yang crunchy, yaitu yang mengandung remah-remah (potongan) kacang didalamnya, agar penampakan akhirnya seperti rujak petis konvensional, yaitu diulek kasar. Dan harus dipastikan bahwa selai kacang yang kita pakai tidak mengandung gula dan garam. Maka dari itu silahkan lihat komposisi bahan pada saat membeli selai kacang ya... Biasanya bahannya cuma kacang tanah, air dan minyak.

Resep Rujak Petis Advanced Tanpa Ulek Langsung Enak
Ki-ka: Cabe bubuk, garam, gula semut, pasta asam, Petis udang dan selai kacang tanah


Marilah kita mulai saja bikin rujak petis advanced ala anak kos yang tidak mau sengsara. Takaran bumbunya sesuaikan dengan selera masing-masing ya, antara manis, asam, dan asin.

Rujak petis jawa timuran ini kalau di luar negri namanya jadi Indonesian Style Peanut Butter Salad Dressing. Karena memang dijadikan untuk dressing salad.

Resep Rujak Petis Jawa-Timuran praktis dan cepat ala anak kos

Bahan-Bahan

  • Sayuran rebus atau kukus sesuai pilihan. Bisa bayam, kangkung, lembar kol, kecambah dan lain sebagainya.
  • Tahu goreng, Tempe Goreng, Cingur Rebus. Pilih salah satu atau campur semuanya, potong kecil-kecil.
  • Potongan Lontong (atau boleh juga nasi)

Bumbu-Bumbu Rujak Petis

  • 1/2 sdm Petis Hitam kualitas bagus
  • 1 sdm Selai Kacang Tanah Crunchy
  • Gula Semut (Gula kelapa/aren bubuk)
  • Pasta Asam Jawa
  • Cabe Segar atau Cabe Kering Hancur atau Cabe Bubuk
  • Garam
  • 1 Siung Bawang Putih (bisa skip)

Cara Bikin Saus Rujak Petis

  1. Dalam sebuah mangkuk, lumatlah bawang putih menggunakan punggung sendok makan (jika menggunakannya). Begitu juga dengan cabe segar. Jika menggunakan Cabe kering hancur, cuma perlu dimasukkan begitu saja.
  2. Masukan semua bumbu-bumbu kedalamnya yaitu Petis hitam, selai kacang tanah, gula semut, pasta asam dan garam. Aduk-aduk terus sampai mereka tercampur rata. Berikan air secukupnya dan aduk terus sampai campuran ini membentuk saus yang tidak terlalu kental, tetapi juga tidak encer. Cicipi dan pastikan kamu mendapatkan rasa yang Harmonis antara pedas, manis dan asam juga asinnya. 
  3. Jika telah mendapatkan rasa yang diinginkan, siramkan saus ini ke atas sayuran rebus, tahu tempe dan atau bahan-bahan yang telah kamu tentukan. Aduk-aduk sampai mereka tercampur rata dan siap dinikmati.

Begitulah resep rujak Petis tanpa ulek langsung enak ala anak kos. Semoga menginspirasi. Kamu bisa mengadu kelezatannya dengan salad dressing bikinan teman satu kosan, pasti kita jadi juara. Dan rujak petis ini sangat cocok dimakan dengan kerupuk sebagai penyerta. Sampai jumpa pada resep selanjutnya.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa