Langsung ke konten utama

Resep Ayam Kemangi Super Praktis dan Harum Lezat

Resep anak kos Ayam Kemangi Super Praktis

Resep praktis Ayam Kemangi. Sedap harum gurih. Memasak kilat hasilnya lezat. Cocok buat orang sibuk yang ingin memasak cepat setelah ngantor atau ngampus.

Gurihnya ayam berpadu dengan harumnya kemangi. Rasanya jadi unik sekali. Apalagi ditambah dengan segarnya aroma daun jeruk purut. Waow... rasanya benar-benar mangguncang. Saking lezatnya saya bisa sampai memasak dua atau tiga kali dalam sebulan. Pokoknya bikin ketagihan gaes...

Ayam kemangi ini resepnya sederhana sekali lho, cuma cemplung-cemplung langsung jadi. Namanya juga ayam kemangi, rasa gurih ayam akan dibalut dengat harumnya aroma kemangi.

Daging ayamnya bisa pakai bagian mana saja. Agar rasanya semakin gurih, pilihlah daging yang mengandung kulit seperti sayap atau paha. Dalam resep ini saya mencampur paha ayam  dengan filet.

Kemangi Bule

Bagi yang sedang ngekos atau tinggal di luar negri terutama di Eropa, pasti kalian sempat dibuat bingung oleh si kemangi ini kan? saya dulu juga begitu. Di Jerman namanya Basilikum. Bentuk daunnya lebih gemuk, hijau terang, dan sisi-sisi daunnya tidaklah setajam kemangi Indo. Terlihat juicy gitu. Rasanya bagaimana? ada sedikiiiiit perbedaan. Harumnya lebih lembut, berbeda dan sedikit aneh dibandingkan dengan kemangi Indonesia yang ternyata adalah lemon-basil. Mild taste lah pokoknya. 

Kemangi adalah jenis tanaman yang doyan kawin dengan ras lain, keturunannya jadi buanyak jenisnya. 

Tetapi secara garis besarnya mereka sama yaitu harum segar dan unik.

Oh iya ngomong-ngomong tentang kemangi bule, sekarang di Jerman sudah masuk musim dingin. Tanggal 21 Desember adalah awal musim dingin tetapi biasanya sebulan sebelumnya sudah dingin amit-amit. Pokoknya Mulai bulan Oktober lah.

21 Desember adalah hari terpendek sepanjang tahun. Jadi di sini, di kota paling utara di Jerman, terangnya cuma mulai jam 9 sampai jam 3 sore. Pokoknya mataharinya males banget, cuma ucluk-ucluk sebentar lalu terbenam lagi. Itupun kalau cerah. Kebanyakan malah mendung sepanjang musim dingin. Kalaupun ada matahari, dia terlalu melenceng ke selatan sehingga sinarnya ndak hangat blas. 

Untuk itulah, dalam menghadapi bulan-bulan penuh kegelapan ini, orang suka memasang iluminasi winter. Bagus, gitu. Kelap-kelip hangat dimana-mana. Iluminasi ini dipasang di rumah-rumah untuk menghangatkan suasana. Jendela akan dihias pula dengan lampu agar dari luar tampak hidup bercahaya. Dan kota-kota akan bersinar penuh iluminasi, juga hiasan natal.

Lha iya, kalau orang tidak bisa berlama-lama diluar karena udara dingin dan cuaca gelap, maka mereka akan membuat rumah-rumah mereka menjadi tempat yang nyaman, hangat dan indah. Pokoknya homey gitu...

Iluminasi ini namanya Fensterleuchter, paling umum di Jerman untuk hiasan winter.
Diluar redupnya seperti itu sepanjang hari. Sendu ya....

Ini suasana kota kami menjelang fajar jam 9 pagi. Hari minggu, kota sepi.

Iluminasi winter ini di setel pakai timer yang terinstal di colokan, jadi tak perlu ribet kesana-kemari menyalakan saklar. Orang yang sudah upgrade rumah menjadi smarthome jadi lebih praktis lagi.

Menggarami dunia. Menabur garam untuk mencairkan salju, agar pekarangan tidak licin.
Tahukah kamu bahwa semua jalan raya di Jerman akan selalu digarami setiap kali turun salju?

Begitulah sedikit cerita dari Jerman, sekarang kita akan mulai memasak ya....

Resep praktis anak kos; Ayam Kemangi gurih harum lezat

Bahan-Bahan

  • 400 gr filet Dada Ayam
  • 500 gr Paha Ayam
  • 30 gr (1 ikat/genggam) Daun Kemangi
  • 2 Bawang Pre
  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 400 ml Air (sekitar 2 gelas)

Bumbu-Bumbu

  • 100 gr (5 - 8 Siung) Bawang Merah
  • 3 Siung Bawang Putih
  • Cabe (Opsional)
  • 1 sdm Kemiri Bubuk (yang di LN pakai Mandel Bubuk, rasanya sama)
  • 1 sdm Kunyit Bubuk
  • 1 sdm Jahe Bubuk
  • 1/2 sdt Lengkuas bubuk
  • 1/2 sdt Serai bubuk
  • 5 lembar Daun Salam
  • 4 Lembar Daun Jeruk
  • 1 sdt Gula Semut
  • 1,5 sdt Garam

Cara membuat Ayam Kemangi super cepat dan lezat


  1. Pertama bikin Bumbu, caranya campurlah semua ini dalam gelas lalu aduk sampai rata: 100 ml (setengah gelas) air, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, serai. Sisihkan.
  2. Siangi dan petiki daun kemangi. Bawang pre dirajang tipis. Sisihkan.
  3. Cacah kasar (chopped) bawang merah, bawang putih dan cabe. Lalu goreng dengan 3 sdm minyak sampai layu.
  4. Masukkan bumbu campur (dari langkah 1) dan daun salam. Oseng terus dengan api sedang sampai membentuk krim kental dan berminyak.
  5. Selanjutnya masukkan paha dan filet ayam, juga gula semut dan garam. Oseng sebentar lalu masukkan 400 ml air (sekitar 2 gelas). Masak terus pakai api sedang dan ungkep. Sesekali diaduk agar tidak gosong. Jangan terlalu lama membuka tutup panci/wajan.
  6. Jika sudah matang, masukkan daun jeruk, irisan bawang pre dan kemangi. Ungkep sebentar sampai harumnya tercium, lalu angkat dan segera sajikan dengan nasi hangat ngebul-ngebul.

Mudah sekali bukan? jangan lupa sambal terasi sebagai penyerta agar acara makan semakin lahap. Sampai jumpa pada resep mudah dan super praktis selanjutnya. Pasti anak kos tidak sulit memasaknya.    

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa