Langsung ke konten utama

Resep Kare Ayam Kilat Lezat Versi Anak Kos

Resep Kare Ayam Kilat Lezat Versi Anak Kos

Resep Kare Ayam versi masakan kosan yang super praktis, cepat dan tentu saja lezat gurih wangi dan bergizi tinggi. Tanpa ulek langsung jadi. Cara bikinnya tak bikin merana di dapur. Kita akan memasak Kare Ayam advanced menggunakan tehnik terbaru ala anak kos kreatif.

Jadi kare ayam ala anak kos ini cara pembuatannya gampang sekali dan rasanya tak perlu diragukan lagi. Tak kalah lezat dengan kare ayam buatan emak di rumah. Caranya tidak seperti memasak jaman dulu yang mana itu sangat ribet dan lama pakai acara ngulek bumbu dan lain-lain, melainkan menggunakan tehnik kreatif yang super cepat dan praktis. Pokoknya jika kamu tunjukkan resep rahasia ini pada emakmu, beliau akan melongo terheran-heran atas kemudahannya. Tenang saja, kita samasekali tidak akan menggunakan bumbu siap pakai dalam kemasan sachet, melainkan meracik sendiri bumbunya. Sehingga kualitasnya terjamin tanpa bahan pengawet dan zat-zat kimia yang efek sampingnya meragukan itu.

Penasaran? yuk mari lanjut ikuti cara memasak kare ayam yang simpel dan praktis. Tetapi sebelumnya aku punya cerita yang ingin disampaikan. Ini cerita yang berhubungan dengan tradisi orang Jerman, dimana sekarang aku tinggal ditengah-tengah mereka. Jadi sebenarnya aku adalah mantan anak kos akut bahkan hampir jadi anak kos abadi yang berpindah dari kota ke kota karena pendidikan dan pekerjaan sebelum jadi 'anak kos naik kasta' dan menetap di Jerman. Bagi yang belum membaca ceritanya, silahkan tengok di postingan ini.

Jerman adalah negara yang super duper modern tetapi tahukah kalian bahwa masyarakat negara ini sangat menjunjung tradisi mereka? Sampai sekarang, tradisi mereka tetap terjaga kelestariannya karena semua orang tidak merasa ketinggalan jaman jika menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah tradisi merayakan natal. Ini adalah tradisi yang indah sekali dan bersahaja. Pokoknya kalau kamu ingin benar-benar merayakan perayaan natal, pergilah ke Jerman. Ndak apa-apa jangan kuatir, di sini tak ada perbedaan manusia berdasarkan agamanya. Pokoknya jika semua orang senang, bahagia dan bersuka cita, maka indahlah dunia ini. Akupun non kristen tetapi aku suka sekali ikutan natalan, asal tidak ikut kebaktian, gitu saja.

Perayaan natal di Jerman sudah mulai terasa empat minggu sebelum natalan, dimana lilin advent minggu pertama dinyalakan sebuah. Maka pasar-pasar natal sudah mulai dibuka. Sayang sekali tahun ini mereka ditiadakan karena pandemi. Padahal kami suka sekali berkunjung ke pasar-pasar natal yang bertebaran dimana-mana. Suasananya itu lho benar-benar gayeng dan ngangeni. Alun-alun kota akan disulap menjadi perkampungan dari negeri dongeng dengan kedai-kedai kayu seperti di hutan. Suasana bermandikan kelap-kelip cahaya. Harum gulali tercium di sana-sini, aroma kacang mandel panas sungguh menggoda. Belum lagi anak-anak bermain riang naik komedi putar atau kuda-kudaan.

Pokoknya pasar natal adalah kesukaan semua orang. Acara ngumpul sehabis kerja jadi pindah ke sini semua. Segelas Glühwein panas semakin memeriahkan suasana.


Bagaimana dengan di rumah-rumah? Juga mulai meriah. Semua dapur akan penuh dengan aroma kue-kue lezat. Orang mulai bikin kue kering. Semua rumah mulai berhias iluminasi kelap-kelip hangat, terutama pada jendela-jendela. Ini adalah bulan Desember dimana matahari cuma muncul sebentar lalu gelap lagi. Maka untuk menghibur diri, semua orang memasang iluminasi. Pokoknya bagus sekali. Kami suka berkendara kesana-kemari tanpa tujuan di desa-desa untuk meniknmat indahnya suasana iluminasi ini.

Lalu pada hari Heiligabend, yaitu tanggal 24 Desember, waktu untuk menghias pohon natal. 

Semua orang akan masak spesial. Menu paling umum untuk malam natal adalah Bratwurst dan salad kentang. Lalu ada juga yang memilih angsa panggang pakai rotkohl (kol merah) dan kentang rebus atau kroket. Natal tahun ini kami telah membuat angsa panggang. Lezat sekali. Dan menyenangkan. Ini adalah malam natal pertama dimana kami hanya merayakannya berdua karena orang tidak boleh ngumpul gegara ada pandemi.

Resep angsa panggang tak usah ditulis ya... karena bikinnya perlu waktu berjam-jam. Pokoknya natalan di Jerman isinya adalah makanan melimpah-ruah selama dua hari dari makan malam, sarapan dan ngopi-ngopi cantik. Ini adalah waktu penting bersama keluarga besar. 

Begitulah cerita sekilas natalan di Jerman dan marilah sekarang kita mulai memasak. Oh iya tahukah kalian bahwa menghias pohon cemara di hari natal pertama kali dilakukan di Jerman? lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Pakai Rempah Bubuk dan Bawang Goreng

Kunci sukses memasak kare ayam advanced super cepat adalah dengan pemakaian rempah-rempah bubuk macam kunyit, ketumbar dan lain-lain. Rempah bubuk ini adalah penyelamat karena sekali beli bisa bertahan sampai tahunan tanpa membusuk, dan juga yang paling penting adalah untuk mempercepat proses memasak. Pasti kamu tidak mau repot-repot di dapur terlalu lama untuk memasak setelah pulang ngantor atau ngampus kan? Jadi gantilah rempah segar pakai rempah bubuk. Hasil akhirnya sama kok asal proses memasaknya tepat.

Rempah bubuk bisa dibeli di olshop kesayangan atau supermarkt terdekat. Begitu juga dengan sari asam (tamarind paste) yang sering kita pakai untuk memasak.

Lalu Bawang merah goreng juga merupakan penyelamat di dapur. Pokoknya kalau ada resep masakan pakai bawang merah, ganti saja dengan bawang merah goreng. Dijamin sukses rasanya. Lagian ini akan bikin acara masak jadi super cepat dan meminimalisasi bau bekas gorengan di dapur. Cobalah!

Resep Kare Ayam Super Kilat Rasa Lezat Versi Anak Kos

Bahan-Bahan:

  • 500 gram Daging Ayam
  • 6 Lembar Kol Putih
  • 300 ml Santan Instan
  • 3 sdm Minyak Goreng

Bumbu-Bumbu:

  • 3 siung Bawang Putih
  • 3 sdm Bawang Merag Goreng
  • 1/2 sdt Ketumbar bubuk
  • 1 sdt Kunyit Bubuk
  • 10 biji Jintan
  • 1 sdt Pasta Asam (Tamarind Paste)
  • 1 sdt Gula Semut
  • 1 sdt Garam
  • 4 lembar Daun Jeruk Purut

Cara Memasak Kare Ayam Ala Anak Kos Super Praktis

  1. Campur bumbu-bumbu ini dengan 100 ml (setengah gelas) air lalu diaduk: Ketumbar, kunyit dan jintan utuh. Sisihkan.
  2. Potong-potong daging ayam dan daun kol. Sisihkan.
  3. Gepreklah dan cacah halus bawang putih, lalu goreng dengan 3 sdm minyak sampai kecoklatan. Lalu masukkan campuran bumbu dari langkah nomer 1, oseng terus sampai kental dan berminyak.
  4. Masukkan potongan daging ayam, setengah dari santan instan, pasta asam, gula semut dan garam. Jika terlalu kering tambahkan segelas air dan masak terus pakai api sedang, tutuplah panci selama memasak.
  5. Jika ayam sudah setengah matang masukkan potongan daun kol.
  6. Jika semua sudah matang masukkan sisa santan dan daun jeruk purut. Buka tutup panci dan masaklah sesaat sampai panas kembali sambil diaduk-aduk. Jagalah jangan sampai mendidih agar santan tetap gurih dan legit. Selesai.

Begitulah resep memasak kare ayam ala anak kos super praktis, cepat dan lezat. Mudah kan? selamat menikmati dan sampai jumpa pada resep masakan kosan selanjutnya.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa