Langsung ke konten utama

Resep Praktis Ekonomis Sayur Santan isi Bayam Jagung Gurih

Resep Praktis Ekonomis Sayur Santan isi Bayam Jagung

Resep super kilat rasanya lezat, penuh gizi yang bermanfaat. Sayur santan isi bayam dan jagung. Cocok dimasak setelah selesai kerja karena proses memasaknya yang cepat, sederhana dan tanpa ulek tinggal cemplung langsung siap. Resep praktis untuk anak kos. Cocok buat menu akhir bulan karena irit. Murah  namun tidak murahan.

Ini namanya Jangan Anyep. Ia adalah masakan khas dari Jawa. Rasanya ringan, segar dan gurih. ini adalah sayur berkuah santan encer. Isinya macam-macam sayur. Baik campuran aneka sayuran maupun sayur solo, maksudnya sayur yang tidak dikombinasi dengan sayuran lain. Sendirian. Karena rasanya yang segar, jangan Anyep biasa dimakan untuk makan siang pada hari-hari yang terik.

Jangan anyep artinya adalah sayuran hambar. Entah mengapa bernama seperti ini padahal rasanya gurih legit menggoda. Mungkin karena kuahnya merupakan santan encer, tidak mlekoh penuh kolesterol seperti sayur bersantan lainnya, jadi orang punya asumsi bahwa sayur ini berasa hambar. Padahal tidak begitu. Entah apa yang merasuki penciptanya sampai bikin nama seperti itu. Rasanya benar-benar gurih legit. Cobalah.

Masak praktis cepat ala anak sibuk, anti merana dan tidak nangis di dapur

Ini adalah resep praktis yang mutakhir karena proses memasaknya telah disederhanakan dari resep aslinya. Jadi di sini tidak ada acara ulek mengulek bumbu yang bikin pergelangan tangan keseleo. Atau rajang-rajang bawang merah yang bikin menangis meneteskan air mata di dapur.

Pokoknya selama memasak kamu akan senyam senyum bahagia sendiri di dapur.

Namun jikalaupun kamu ingin memasak secara konvensional seperti kakek nenek jaman dahulu, yaitu dengan Mengulek semua rempah-rempahnya, peras santan kelapa, dan lain-lain maka silahkan tengok resep di cookpad. Di sana banyak emak-emak cantik yang dengan baik hati menuliskan resep-resep tradisional orijinal dengan cara pembuatan atau cara memasak yang anggun dan bersahaja. Itu adalah hal bagus sekali, tetapi saya terlalu sibuk atau tidak punya banyak waktu sehingga proses memasak saya sederhanakan sesuai dengan perkembangan jaman. Tapi percayalah, ini adalah resep dengan bumbu orijinal. Dan yang paling penting, acara memasak jadi menyenangkan dengan hasil masakan yang lezat.

Jadi kita akan memasak pakai bumbu bubuk atau serbuk. Kunci sukses memasak dengan bumbu serbuk adalah dengan mencampur mereka terlebih dahulu dengan air, kemudian menggorengnya sampai kental dan harum. Maka rasanya akan sama lezat dengan pemakaian rempah segar.

Bumbu praktis anak kos


Resep praktis sayur santan isi Bayam dan jagung ala anak kos tanpa ulek, tidak ribet

Bahan-Bahan

  • 2 - 3 ikat Bayam
  • 1 (150 gram) Jagung pipil kalengan
  • 250 ml Santan Instan
  • 250 ml Air
  • 3 sdm Minyak Goreng

Bumbu-Bumbu Jangan Anyep praktis

  • 2 sdm Bawang Merah Goreng
  • 3 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt Lengkuas bubuk
  • 1/2 sdt Sereh bubuk
  • 1 sdt Gula Semut (Gula Merah bubuk)
  • 4 Daun Jeruk
  • 2 Daun Salam
  • 1 sdt Garam
  • Micin (bisa skip)

Cara memasak praktis sayur santan isi Bayam dan jagung ala anak kos tanpa ulek, tidak ribet

  1. Siangi dan Petiki lah Bayam, ambil yang bagus-bagus saja. lalu cuci sampai bersih. Tiriskan.
  2. Campurlah bumbu bubuk dengan 100 ml air (setengah gelas). Bumbu bubuk yang dicampur yaitu ketumbar, lengkuas dan sereh. Aduk-aduk dan Sisihkan.
  3. Keprek lah bawang putih lalu cacah halus kemudian gorenglah dengan minyak bersama campuran bumbu bubuk kedalamnya. Oseng-oseng dan goreng terus sampai membentuk krim yang kental dan beraroma harum. Jangan sampai menggorengnya hingga kering karena kalau kering artinya gosong. Kalau gosong artinya harus dibuang. Mangkanya kalau masak jangan sambil pacaran di wassap biar tidak gosong ya.
  4. Berikut masukkan semua ini: 250 ml air, jagung Pipil, Bayam, Bawang Merah goreng, setengah dari santan instan, gula semut, daun salam dan garam. Masak dengan api sedang, jangan pakai api besar karena hasil masakannya tidak akan sempurna.
  5. Jika Bayam sudah matang, kecilkan api lalu masukkan sisa santan dan daun jeruk. Masak terus sambil diaduk-aduk jangan sampai mendidih. Cicipi, tambahkan garam dan gula jika perlu. Akan lebih lezat jika ditambah dengan sedikit micin.

Begitulah resep praktis ekonomis bikin sayur santan isi Bayam dan jagung ala anak kos. Mudah sekali bukan? Ini akan lezat sekali jika dimakan dengan kerupuk dan sambal Trasi plus nasi yang baru diangkat dari mejikjer.

Selamat menikmati dan terima kasih telah berkunjung. Empat kali empat sama dengan duabelas, sempat tidak sempat harap dibalas... eh apanya yang harus dibalas ya?

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa