Langsung ke konten utama

Resep Semur Betawi Masakan Kosan Mudah dan Lezat

Resep Semur Betawi Masakan Kosan Mudah dan Lezat

Semur Betawi kaya akan bumbu rempah. Rasanya gurih legit, membuatnya mudah. Memasaknya lama namun rasanya sungguh lezat. Siapapun akan menyukai semur daging sapi empuk dengan kuah kental yang sangat creamy ini. 

Hayo ngaku, siapakah yang belum pernah ke Jakarta... Itu lho tempat asal semur betawi yang akan kita masak kali ini. Aku jadi teringat waktu itu dong, pertama kali ke Jakarta waktu ikut study tour jaman SMP. Itu benar-benar perjalanan keliling dunia buat kami. Bayangkan, bocah-bocah lugu dari Banyuwangi nun jauh di ujung timur pulau Jawa telah sedang melakukan perjalanan pakai bis menuju Jakarta! Dan mampir di tempat-tempat indah diantaranya seperti Kebun Raya Bogor, Istana Presiden, Candi Borobudur...

Lalu setelah pulang kakakku menanggapi dengan antusias, karena dia dan yang lain belum pernah sekalipun ikut study tour sejauh itu. Mereka bertanya gini, aku tetap ingat karena sangat sakit hati.

"Wah hebat, kamu naik ke puncaknya Monas?"
"Ndak mbak..."
"Lho kok..."
"Iya mbak, bisnya cuma berhenti sebentar, lalu kami disuruh naik lagi, jadi cuma lihat Tugu Monas dari jauh..." Aku mulai merasa tidak bangga dengan study tour kami.
"Tapi sempat sembahyang di Masjid Istiqlal kan?"
"Ndak juga mbak... Katanya ndak cukup waktu, jadi cuma lihat dari dalam bis saja..." Kataku semakin nelangsa.

Begitulah, aku telah sakit hati ikut study tour itu. Sudah bayar mahal, eh tidak bisa berpuas-puas. Bahkan kami cuma melihat Candi Borobudur dari luar pagar, itupun malam hari sodara-sodara! Entah kenapa guru-guruku sampai segitunya terhadap murid-muridnya.
Tapi sejak itu aku bersumpah suatu saat akan pergi ke Jakarta sendirian, bahkan aku bersumpah akan keliling dunia saking jengkelnya dengan study tour mahal tapi ecek-ecek itu. Dan sekarang aku ada di Jerman dong... sumpahku sudah sedang terbayar.

Hayo... siapa yang punya pose nutul Monas...


Semur Daging Dengan Puluhan Jenis Rempah

Semur Betawi ini terkenal dengan kandungan rempahnya yang beraneka ragam. Ketika membaca resepnya aku sampai tergugu-gugu dan tidak yakin apakah ingin memasaknya. Sampai sebelas macam jenis bumbu diperlukan untuk bikin semur Betawi. Merupakan kebalikan dari semur daging dari Jawa yang berbumbu minimalis.

Rasanya legit gurih lezat seperti di warteg. Pokoknya lezat sekali, bikin yang makan ingin nambah terus. Masakan lezat ini ternyata pembuatannya mudah sekali. Tinggal cemplung-cemplung langsung beres. Cuma menunggu sampai daging matang yang rada membosankan karena perlu waktu lama. Di semur pakai api kecil sampai berjam-jam agar bumbunya meresep ke dalam daging dengan sempurna. Istilah kerennya dalam dunia per-foodblogger-an adalah slow cooking. Konon katanya lebih menyehatkan.

Mungkin lain kali aku akan mencobanya dengan memasak semur betawi pakai panci presto. Nantilah kalau sudah memasak yang versi presto akan aku update rasanya dan cara bikinnya. 

Penggunaan kemiri sangat penting dalam semur betawi ini. Seperti pada masakan lainnya, kemiri berfungsi untuk mengentalkan kuah. Juga memberikan rasa gurih yang lembut. Bagi yang sedang tinggal di Luar negeri tentulah tidak mudah untuk membeli kemiri. Di Eropa jarang ada yang jual. Eh tapi jangan pernah menghilangkan kemiri jika dalam resep menggunakannya ya, karena efeknya bisa lain. Rasanya tidak sempurna.

Untuk mengatasi kelangkaan kemiri ini, gunakan saja kacang mandel. Khasiat, fungsi dan rasanya sama kok...

Kita bikin semur Betawi dengan daging satu kilo. Kenapa banyak? ya agar menghemat waktu. Caranya gini; satu kilo daging ini bisa dimakan berkali-kali. Jadi setelah matang, bungkuslah dia sebanyak porsi-porsi sekali makan, lalu masukkan segera ke dalam lemari pembeku. Jadi besok atau lusa kita tidak perlu repot-repot bikin lauk lagi, tinggal ambil dam memanaskannya kembali, jangan kuatir, rasanya tidak akan berubah. Maka kita cuma perlu memasak sayur dan nasi. Praktis kan? Orang masa kini memang kudu pandai mengatur waktu agar tidak tergilas oleh perputaran jaman yang semakin menyibukkan.

Yok maree, mulai memasak mudah, cocok buat anak kos yang tidak mau ribet memasak di dapur tetapi mau enaknya saja, karena semur betawi ini gampang sekali membuatnya.

Resep Semur Betawi simple dan praktis cocok buat anak kos

Bahan Semur Betawi:

  • 1 kilo Daging Sapi

Bumbu-Bumbu:

  • 200 gram (8-12 siung) gram Bawang Merah
  • 4 siung Bawang Putih
  • Cabe (opsional)
  • 5 sdt Kemiri bubuk atau Mandel bubuk
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1/2 sdt Pala bubuk
  • 1/2 sdt Serai Bubuk
  • 1 sdt Kayu Manis bubuk
  • 5 lembar Daun Salam
  • 10 sdm Kecap Manis
  • 1,5 sdt Garam

Cara membuat Semur Betawi rumahan praktis dan simpel

  1. Potonglah daging sapi tipis-tipis, masukkan ke dalam panci.
  2. Rajang kasar (chopped) bawang merah, bawang putih dan cabe, masukkan juga.
  3. Masukkan semua bumbu-bumbu diatas. Lalu tutuplah panci dan semurlah semua itu pakai api sedang. Tak perlu dikasih air karena jika daging dipanaskan secara perlahan, maka airnya akan keluar.
  4. Namun jika terlalu sedikit air yang keluar dari daging, tambahkanlah secukupnya.
  5. Semur terus sembari sesekali diaduk. Tutuplah panci selama proses memasak, jangan terlalu sering dibuka.
  6. Jika daging sudah empuk, buka tutup panci dan lanjutkan menyemur sampai kuahnya menyusut tinggal separo, kental dan berminyak.
  7. Selesai. Semur Betawi siap dihidangkan sebagai lauk makan nasi.

Begitulah resep mudah Semur Betawi yang fenomenal itu. Mudah sekali kan? tinggal cemplung-cemplung selesai.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada resep masak anak kos mudah dan simpel selanjutnya.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa