Langsung ke konten utama

Resep Mudah Pizza Asli Dari Italia

Resep anak kos Pizza Asli Dari Italia

Marilah kita bikin Pizza asli Italia dengan kearifan lokal. Resep mudah dan sederhana hasilnya bikin gembira. Cocok buat yang ingin bersantai di dapur sembari masak-masak ringan. Atau masak bareng teman-teman bikin Pizza Party.

Hallo semestaaa... apakah kamu pernah ke Italia? saya pernah dong. Malah tidak cuma sekali tetapi berkali-kali. Italia adalah salah satu tempat tujuan liburan favorit kami. Kamu tahu Stromboli? itu adalah pulau kecil mungil dekat Sisilia. Pulau ini cuma terdiri dari sebuah gunung berapi yang mempunyai lereng membentuk pulau. Nah di lereng-lereng yang landai inilah terdapat beberapa desa. Desanya nempel ke pantai gitu deh, agar kalau longsor bisa langsung naik jukung ke daratan terdekat gitu mungkin tujuannya ya....

Dan kami pernah tinggal di Pulau Stromboli selama beberapa minggu. Itu adalah liburan yang sangat mengesankan dan tak akan terlupakan.


Itu adalah liburan tak tentu tujuan. Kami telah mendarat di Venezia, tinggal beberapa hari di sana lalu turun ke selatan sampai mentok di ujung selatan Italia. Eh langsung naik feri ke pulau apa gitu namanya, terus selanjutnya sampai di pulau mungil Stromboli. Saking rumitnya perjalanan kami, sampai ditipu-tipu sopir taksi segala. Sedikit menjengkelkan tapi lebih banyak menyenangkan.

Pizza eh pizza... Tak lengkap rasanya liburan ke Italia tanpa mengunjungi menara Pizza eh tanpa makan aneka Pisa eh pizza! Saya lebih suka pizza Italia daripada pizza Americana. Pizza Italia itu dasarannya pas di lidah. Tipis dan tidak manis. Pokoknya pizza Italia is the best.

Empat Bahan Utama Pizza

Dasaran Pizza Italia itu cuma terdiri dari empat bahan yaitu tepung terigu, ragi, garam dan air. Itulah resep aslinya. Takarannya silahkan baca terus ya...
Sementara toppingnya bebas, tapi jangan terlalu banyak agar bisa matang sempurna. Susunannya adalah dasaran, saus tomat, parutan keju dan topping, jangan kebalik-balik ya. Itu adalah aturan pakem pizza Italia.

Lalu di Italia ada dua macam Pizza yaitu pizza dan pizza bianca. Bianca artinya putih. Maksudnya pizza tanpa saus tomat.

Aneka pizza yang saya temui di Italia. Tahukah kamu, ada yang namanya pizza anchovis? 
Toppingnya adalah ikan teri!!! rasanya lezat sekali!

Pizza Margheritta adalah pizza nasional paling sederhana yang toppingnya hanya terdiri dari daun basil, saus tomat dan keju Mozzarella. Ini melambangkan bendera Italia yaitu hijau dari daun basil (Kemangi bule), putih dari keju dan merah dari saus tomat. 

Bikin dasaran pizza ini menurut pakemnya membutuhkan waktu seharian mulai menguleni, menyimpan agar mengembang, sampai menggiling tipis. Tetapi kita bikin pizza suka-suka saja ya, hanya dibiarkan setengah jam sampai mengembang.

Membakar pizza harusnya pakai oven khusus dari batu. Alas memanggangpun terbuat dari lempengan batu. Tapi sekali lagi, kita bikin pizza suka-suka saja ya, pakai oven biasa, suhu atas bawah 250°C selama kira-kira saja, pokoknya pinggirannya sudah agak gosong langsung diangkat. Kalau kosanmu tidak punya oven ya panggang saja pakai teflon datar anti lengket di atas kompor, dasar teflon taburi tepung tipis-tipis biar seperti aslinya. Lalu selama memanggang tutuplah teflon agar matang merata. Jangan sering dibuka. 

Yuk mari bikin pizza dengan riang gembira...

  • Takaran resep pizza ini adalah untuk dua buah pizza besar diameter piring datar itu lho. Tentu saja kamu bisa membuatnya jadi pizza kecil-kecil dalam jumlah lebih banyak.
  • Untuk menggilas pizza diperlukan tepung agar tidak lengket di meja. Begitu juga dalam memanggang pizza harus dilapisi taburan tepung tipis-tipis.

Resep Mudah Dan Cepat Pizza Asli Italia. Gurih Lezat dan Mengenyangkan

Bahan Dasaran Pizza

  • 250 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 150 ml Air Hangat
  • 1 sdt Ragi Koral (Dry Yeast) Jika pakai ragi biasa, jangan pakai garam ya, garamnya tabur diatas topping
  • 1/2 sdt Garam

Bahan Topping Pizza

  • Saus Tomat (bisa diganti pakai sambal tomat agar pedasnya nendang)
  • Keju Parut (Mozzarella biar bisa molor-molor)
  • Minyak Olive untuk siraman
  • Aneka topping pilihan seperti salami, ikan teri dalam minyak, potongan brokoli, irisan cabe besar, irisan paprika, irisan ananas dan lain-lain sesuka hati.

Cara membuat dasaran pizza

  1. Campur dan aduk ragi koral dengan air hangat. Diamkan beberapa saat agar raginya hidup.
  2. Masukkan ragi+air ke dalam tepung, tambahkan pula garam dan uleni sesuka hati sampai kalis dan rata. Bisa menguleni secara konvensional pakai tangan maupun pengaduk adonan listrik.
  3. Setiap tepung memiliki kadar kelembapan yang berbeda, harap sesuaikan jumlah air. Pada akhirnya adonan akan tidak lengket di tangan dan pulen.
  4. Selanjutnya bulatkan adonan membentuk bola, tutup dengan kain basah dan letakkan pada tempat hangat agar bisa mengembang. Biasanya saya perlu setengah jam.

Cara meracik pizza

  1. Taburi tempat kerja dengan tepung tipis-tipis. Ambil adonan yang telah mengembang secukupnya lalu gilaslah diatas tempat kerja yang telah ditaburi tepung. Gilaslah ke segala arah agar bisa bundar. Gilas setipis yang kamu bisa.
  2. Taburi loyang dengan tepung lalu pindahkan adonan pizza yang telah tipis keatasnya. 
  3. Olesi dengan saus tomat pakai punggung sendok makan. Oles merata tipis-tipis saja. Jika terlalu banyak tidak bisa kering hasilnya.
  4. Lalu taburi atasnya dengan parutan keju.
  5. Selanjutnya tebarkan topping pilihan diatasnya. Jangan terlalu banyak topping ya, nanti bisa tidak matang sempurna.
  6. Pangganglah dalam suhu 250°C panas atas - bawah.
  7. Jika pinggiran pizza sudah agak gosong, itu artinya pizza sudah matang.
  8. Dalam penyajian, siramlah dengan sedikit minyak olive.

Begitulah anak kos sekalian, sekarang kamu bisa bikin pizza sendiri di dapur. Mudah sekali kan, resep pizza suka-suka ini? Terimakasih telah bertandang dan sampai jumpa pada resep mudah ala anak kos selanjutnya.

Oh iya bagi kamu yang lebih suka makan spaghetti daripada pizza, ini ada resep spaghetti bolognese halal dari Italia. Selamat mencoba.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa