Langsung ke konten utama

Anak Kos Masak Cepat; Mie Goreng Kenduri Jawa Multivitamin

Resep Mie Goreng Kenduri anak kos

Resep Mie Goreng Jawa asli lezat. Menu selamatan dari desa bikinnya cepat dan tidak ribet. Cocok buat anak kos kreatif yang hidup sehat. Ekonomis penuh vitamin bergizi tinggi. Pokoknya rasanya nendang.

Mie goreng Jawa ini lain dengan mie goreng yang dijual oleh abang keliling. Mie goreng Jawa tidak menggunakan kecap manis sebagai bumbunya. Pokoknya bumbunya minimalis namun rasanya gurih dan ringan. Juga ada rasa segar dari sayuran yang menyertainya. Bikinnya gampang sekali. Tinggal cemplung-cemplung langsung jadi.

Sayur-mayur yang menyertainya beraneka macam tergantung persediaan di dapur. Sayur yang biasa dipakai adalah campurang wortel, kol dan buncis. Kadang ada juga mie goreng Jawa yang dikasih daun sawen atau sawi hijau. Mereka harus diiris-iris terlebih dahulu. Jika punya uang lebih, biasanya orang-orang memberikan udang kedalamnya. Jika ada udangnya, maka mie goreng jawa akan menjadi spesial. Rasanya legit sekali, dan tentu saja gurih. 

Kalau lagi bikin mie goreng Jawa, aku selalu ingat jaman dahulu kala ketika masih kanak-kanak. 

Kami tinggal di sebuah desa pinggir hutan di lereng gunung Raung. Jika ingin keluar desa, maka kami harus melintasi jalan di tengah sawah yang jauh sekali. Sampai lima kilometer untuk menuju desa bawah. Sementara sisi-sisi desa yang lain adalah hutan pinus. Hutan pinus ini luas sekali sampai menyentuh hutan belantara, dan berakhir di puncak kawah.



Meskipun itu adalah sebuah desa terpencil namun kehidupan di desa kami meriah sekali. Banyak acara untuk menghibur diri. Selamatan adalah salah satunya. Pokoknya jika desa sedang mengadakan acara selamatan, maka itu adalah pesta-pora yang meriah dengan aneka makanan melimpah.

Selamatan yang paling heboh adalah kenduri di masjid jamik pada hari lebaran. Masjid jamik adalah satu-satunya masjid yang ada di desa kami. Selebihnya adalah surau-surau kecil berdinding anyaman bambu tempat kami pergi mengaji setiap sore. Masjid jamik hanya digunakan untuk salat dan tentu saja kenduri.

Kenduri di pagi hari pada hari lebaran adalah saat yang kami nantikan, karena kami akan mendapatkan makanan berlimpah yang semuanya terasa lezat. Apapun makanan yang bisa kamu bayangkan bisa ditemui di acara kenduri lebaran ini.

Pada hari lebaran, pagi-pagi sekali kami sudah mandi dan berdandan rapi hendak berangkat ke masjid. Bagi anak-anak, salat lebaran adalah tujuan nomer sekian yang tidak penting. Kami suka pergi ke masjid jamik pada hari lebaran karena akan memamerkan baju baru pada teman-teman. Kopiah, sarung dan sandalpun juga baru. Aromanya wangi sekali, masih bau toko. 

Tak lama kemudian, emak-emak kami sudah selesai memasak dan hidangan terbaik mereka telah tertata rapi membentuk sebuah ambeng. Itu adalah nasi dengan aneka lauk-pauk disekelilingnya yang disusun pada sebuah encek. Encek merupakan anyaman bambu yang tepinya dikuatkan oleh tulang daun pisang, membentuk sebuah dasaran segi empat. Encek ini akan dilapisi daun pisang, nah diatas daun inilah nasi ambeng beserta lauknya ditempatkan. Lalu diatasnya ditutup lagi dengan daun pisang agar tetap bersih tidak terkena debu atau dirubung lalat.

Pagi hari selalu terasa dingin di desa. Namun begitu, sepagi itu desa kami sudah meriah karena hari lebaran. Orang telah berbondong-bondong ke mesjid jamik membawa obor karena pagi masih temaram, sementara anak-anak kebagian tugas membawa nasi ambeng dari emaknya masing-masing.

Selesai salat lebaran yang bagi kami, anak-anak desa, sangatlah membosankan, maka orang-orang dewasa beramah-tamah dan berjabat tangan di beranda masjid. Saling meminta maaf. Kami semua girang dan saling memamerkan baju baru, dan tentu saja uang saku. Sesekali mengintip nasi ambeng di bawah lapisan daun pisang penutup. Para orang dewasa pura-pura tidak melihat tingkah polah kami yang tidak sopan. Pokoknya di hari lebaran semuanya harus gembira dan ceria, tidak boleh ada yang dimarahi.

Dari intip-intip nasi ambeng itu, sebenarnya kami ingin mengetahui ada lauk lezat apakah di dalamnya. Jika seseorang telah menemukan lauk lezat kesukaannya, maka dia akan duduk di depan ambeng itu tak mau pindah-pindah lagi sampai acara makan kenduri dimulai. Jika beberapa anak menemukan lauk kesukaan dalam ambeng yang sama, maka selanjutnya mereka akan berebut. Selalu saja, anak yang paling kecil akan kalah.

Begitulah, anak-anak selalu ribut dan berebut pada acara kenduri, meskipun nasi dan lauk-pauk tak pernah akan habis disantap. Para orang tua akan membiarkan kami seperti itu, sampai ada salah satu yang nangis.

Mie goreng kenduri yang lezatnya minta ampun

Ada serundeng, ayam ingkung, ikan goreng, sayuran tumis, urap dan segala lauk lezat yang bisa kamu bayangkan dalam nasi ambeng buat kenduri ini. Ada pula mie goreng jawa yang rasanya sungguh bersahaja. Pokoknya mie goreng ini cocok sekali dimakan sebagai lauk besama dengan serundeng, ikan goreng, sayur urap dan semuanya. Apalagi jika ambengnya adalah nasi gurih.

Jadi kali ini kita akan bikin mie goreng jawa yang biasa disajikan buat menu kenduri itu. Jangan kuatir, ini mudah sekali membuatnya. Tak perlu keahlian advanced. Pemula dalam hal masak-memasak pun pasti bisa membuatnya. Jadi kamu jangan makan mie instan bungkus terlalu sering ya... berusahalah untuk sedikit kreatif di dapur kosan.

Mie goreng buat kenduri ini bisa dikasih sayuran suka-suka. Yang umum adalah kubis, buncis, wortel, daun sawi. Juga ada udangnya jika orang mau bikin kenduri deluxe. Atau ayam. Silahkan sesuaikan bahannya sesuai selera dan kemampuan ya.

Yuk mulai....

Resep Mie Goreng Kenduri Jawa Super Cepat, Praktis dan Lezat

Bahan-Bahan:

  • 200 gr. Mie Telor
  • Sayuran pilihan
  • Udang Kupas (opsional)
  • 2 batang Seledri
  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 100 ml (1/2 gelas) air

Bumbu-Bumbu:

  • 4 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • Garam
  • Micin/kaldu bubuk

Cara membuat mie goreng kenduri dari Jawa

  1. Persiapkan mie telor sesuai yang tertulis dalam kemasan (rendam air panas atau rebus sebentar, lalu tiriskan).
  2. Potonglah sayuran sesuai selera, rajang halus seledri. Cucilah udang, jika pakai. Sisihkan.
  3. Gepreklah bawang putih, lalu cacah halus. Goreng dalam minyak panas sampai layu. Jika pakai udang, masukkan dan aduk terus sampai berwarna kemerahan. Selanjutnya masukkan potongan sayuran dan setengah gelas air. Aduk terus sampai matang dan air menyusut.
  4. Lalu masukkan mie telor, merica bubuk, garam dan kaldu bubuk. Aduk terus sampai rata. 
  5. Terakhir masukkan micin. Cicipi, selesai.
  6. Hidangkan dengan taburan seledri.

Begitulah resep mie goreng kenduri yang mudah dan simpel. Pasti cocok buat anak kos yang selalu sibuk kan? karena memasaknya yang cepat dan praktis.
Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada resep mudah dan cepat lezat selanjutnya.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa