Langsung ke konten utama

Anak Kos Masak Urap Jawa, Cepat Tanpa Ulek Langsung Enak

Anak Kos Masak Urap Jawa, Cepat Tanpa Ulek Langsung Enak

Urap Jawa dibikin simpel dan cepat. Istilahnya adalah Coco Salad Dressing. Keren dan berkelas. Cocok buat veganer. Memasaknya tak bikin pegel langsung lezat. Resep praktis andalan anak sibuk yang ingin hidup sehat.

Jadi anak kos harus kreatif dong, begitu pula dalam hal masak-memasak. Karena memasak sendiri itu bisa sangat menguntungkan dalam berbagai aspek. Diantaranya orang bisa menentukan sendiri menu sehat yang ingin disantapnya, menyesuaikan rasa yang ingin didapatkannya dan tentu saja dengan memasak sendiri di kosan, ini akan sangat menguntungkan dalam hal pengeluaran. 

Memasak adalah tehnik bertahan hidup kok, ini bukan tentang hobi atau keahlian. Atau urusan perempuan. Semua orang seharusnya bisa memasak agar nantinya tidak tergantung pada orang lain. Apalagi bagi yang sedang ngekos di luar negri. Bisa memasak adalah keharusan agar orang tidak terkangen-kangen akan kampung halaman. Kalau tidak bisa memasak akan menderita batin, karena di luar negri tidak ada abang-abang kaki lima jualan. 
Jadi mulai sekarang kalian harus mempersiapkan diri. Tak ada yang tahu jika suatu saat, bisa jadi, kalian akan ngekos di luar negri, misalnya di Eropa, seperti saya waktu itu. Ceritanya bisa dibaca di sini.

Bukankah begitu? Jika iya, yuk mari sini aku ajari cara memasak praktis dan cepat rasanyapun lezat. Keahlian memasak bisa dipelajari kok...

Pakai Bumbu Kering

Agar acara memasak jadi menyenangkan tanpa bersusah payah mengulek rempah di dapur, kita akan mengganti semua rempah menggunakan versi serbuk kering. Jadi dapur anak kos masa kini tidak berisi rempah-rempah segar yang cepat membusuk dan memerlukan waktu lama dalam meng-aplikasikannya pada masakan, melainkan berisi bumbu bubuk kering. Dengan cara ini kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan, super cepat dan lezat.

Memasak tidak harus bikin menderita kok, melainkan harus bisa bikin riang gembira.

Bumbu rempah segar yang bisa kita ganti menggunakan rempah kering adalah lengkuas, jahe, kunyit, kencur dan segala macam rempah umbi-umbian. Bumbu serbuk atau bubuk ini bisa dibeli di supermaket terdekat atau olshop kesayangan. Bagi yang sedang ngekos di luar negri khususnya di Eropa, Toko Asia di kotamu pasti mempunyai koleksi yang lengkap.
Gantilah semua rempah segar di dapur menjadi rempah serbuk, karena resep di blog masakan kosan ini selalu menggunakan bumbu serbuk/bubuk. 

Tandai dan Kenali

Pertama mengoleksi bumbu rempah bubuk memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi pada akhirnya kita bisa jadi irit. Sekali beli bumbu serbuk misalnya kencur bubuk 200 gram sak plastik katakanlah seharga 25 ribu. belum lagi jahe, kunyit dan lain-lain. 

bumbu praktis anak kos
Ini koleksi bumbu dapur saya, bagian bumbu eksotis.


Kabar baiknya adalah, sak plastik rempah bubuk ini bisa digunakan selama berbulan-bulan, bahkan tahunan. Berapa uang yang bisa dihemat selama itu dibanding dengan beli rempah segar setiap minggu, iya to?

Nah setelah punya koleksi rempah bubuk lengkap, taruhlah dalam toples-toples mungil, kasih nama dan jangan lupa tanggal kadaluwarsanya. Kenapa harus dikasih nama? karena beberapa dari mereka akan terlihat hampir sama warnanya. Tanpa kasih nama, orang akan sulit membedakannya.

Lalu simpanlah mereka di lemari. Atau kalau kosanmu pakai dapur bersama, taruh saja dalam kotak penyimpanan, lalu bawa ke kamar biar tidak dicolong tetangga.

Resep Anak Kos Urap Jawa Praktis dan Gurih, Super Cepat Langsung Siap

Resep Anak Kos Urap Jawa Praktis dan Gurih, Super Cepat Langsung Siap


Bahan-Bahan

  • Sayur kesukaan
  • 100 gram Kelapa Parut Kering
  • 150 gram Santan Instan
  • 2 sdm Minyak Goreng

Bumbu-Bumbu

  • 3 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Kencur Bubuk
  • 1/2 sdt Kunyit Bubuk
  • 1,5 sdt Gula Semut (Gula Merah/Aren Bubuk)
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Terasi Udang (bisa skip untuk versi vegan)
  • Cabe Merah atau Cabe Kering Hancur Secukupnya
  • 5 lembar Daun Jeruk

Cara Membuat Urap Sayur Praktis ala Anak Kos

  1. Bersihkan sayuran kesukaan, lalu rebuslah atau kukuslah sampai matang. Dinginkan dan tekan dengan ringan agar kandungan airnya berkurang. Sisihkan.
  2. Bikin bumbu urap super cepat: Dalam sebuah wajan, campurlah kelapa parut kering dengan santan instan. Gepreklah bawang putih lalu rajang halus, kemudian masukkan dalam campuran kelapa. Masukkan juga semua bumbu yang lain dan juga minyak goreng. Jika pakai cabe segar, cacah dulu lalu masukkan. Jika pakai cabe kering hancur, tinggal dimasukkan saja.
  3. Lalu gorenglah campuran itu dengan api sedang. Bolak-balik terus agar tercampur rata dan tidak gosong. 
  4. Sesaat sebelum diangkat, masukkanlah daun jeruk. Aduk-aduk.
  5. Hasil akhirnya adalah campuran urap kelapa yang tidak terlalu kering, namun tidak juga terlalu lembek.
  6. Alternatif adalah dengan mengukus campuran urap ini. Jika dikukus maka tidak perlu pakai minyak, tinggal di taruh dalam sebah wadah lalu dikukus bersama dengan sayuran. Matangnya bisa bersamaan.

Cara Penyajian: Campurkan urap kelapa dengan sayuran rebus/kukus. Lalu nikmatilah dengan nasi hangat ngepul-ngepul. Sangat cocok pakai lauk kerupuk atau ikan asin. Selamat menikmati.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa