Langsung ke konten utama

Nasgor Praktis Cepat Rasa Internasional

Resep nasi goreng Praktis Cepat Rasa Internasional

Resep Nasi Goreng super cepat, praktis dan bergizi tinggi cocok buat anak kos. Tinggal cemplung-cemplung langsung jadi. Rasanya bertaraf internasional karena memakai Bratwurst, pentol bakso dan sayuran. Nasi goreng multi vitamin dan tinggi protein. 

Tahukah kamu kapan terakhir kali saya membeli nasi goreng? Sudah lama sekali. Setahun lalu waktu sarapan di Pulau apa gitu namanya, pokoknya ada di Kepulauan Seribu. Itu adalah hari terakhir di Indonesia sebelum menyeberang ke Jakarta dan lanjut terbang ke Hamburg.

Adek penjual nasi goreng di Kepulauan Seribu
Kami suka sarapan di pantai ini. Itu adek penjual nasi goreng senang sekali bantu bapaknya pada hari minggu

Kami bertiga. Membawa dua orang bule ke Indonesia benar-benar sebuah tantangan. Pokoknya tidak bisa dilepas sendirian. Saya pernah melepas mereka di Jogja, eh pulang-pulang sambat ditipu pemandu wisata di keraton, dimintai duit terus, katanya. Lalu pulangnya dipalak sopir taksi yang biasanya dari hotel bayar sekian, dimintai dobel.

Mereka berdua adalah orang yang lembut hatinya. Tidak mau bikin gara-gara dan tidak berkata kasar, meskipun tahu telah ditipu. Katanya, sekian puluh ribu rupiah hanyalah bernilai beberapa euro, tak perlu dipikirkan.

Pernah juga waktu mereka jalan tanpa saya, waktu itu matahari Banyuwangi terik sekali. Eh pulangnya dengan pede pada pakai topi baru, dua-duanya. Beli di jalan karena tidak kuat panasnya. Mereka bercerita bahwa semua orang di jalan sangat ramah pada mereka. Segala bentuk keramahan telah mereka dapatkan dari orang-orang yang berpapasan. Semua orang mengajak tersenyum, tertawa, berfoto dan berusaha mengajak ngobrol dengan riang namun mereka tidak mengerti. Anak-anak dengan girang dan lucu menyertai mereka. Pokoknya mereka berdua disukai semua orang di jalan.
Tahukah kamu topi apa yang mereka pakai? Topi pramuka! Baru beli! dua-duanya!

Sayang sekali beberapa hari kemudian keponakan kasih tahu, bahwa mereka membeli topi yang tidak begitu tepat untuk dikenakan. Sejak itu mereka tidak pernah memakai topi pramuka baru itu. Dan sampai sekarang saya tidak tahu dimanakah topi pramuka itu berada.

Entah apa maksudnya makan gorengan pakai sendok dan garpu.


Itulah terakhir kali membeli nasi goreng. Di Jerman tidak ada abang nasi goreng jadi kalau mau ya kudu bikin sendiri. Tentu saja seperti resep-resep lainnya, resep nasi goreng jika sudah di tangan saya akan menjadi sangat amat sederhana proses pembuatannya. Tanpa ulek tanpa sengsara langsung sedap. Mau tahu caranya? yuk lanjut...

Bawang Merah Goreng Penyelamat Bangsa

Duo bawang adalah bumbu yang sangat amat gurih lezat. Apapun masakannya, jika dikasih bawang merah dan atau bawang putih akan terasa gurih. Namun sayangnya duo bawang ini punya efek yang tidak menyenangkan.

Hal yang paling menjengkelkan dari duo bawang adalah aroma yang ditinggalkannya pada saat dan setelah memasak. Aroma ini sangat intensif sehingga seluruh dapur dan bahkan ruangan lain akan bau bawang selama berjam-jam. Apalagi setelah dipakai untuk menggoreng bawang merah. Tentulah kalian merasakan ini jika tinggal di apartemen atau rumah dengan dapur yang mempunyai jendela kecil. Dan  ini akan semakin terasa bagi kita yang tinggal di Eropa dimana perbedaan temperatur dalam dan luar ruangan begitu besar. Jendela harus tertutup rapat agar di dalam ruangan tetap hangat.

Jadi gampangnya untuk mengatasi bau bawang merah yang tertinggal di ruangan - bahkan di pakaian yang kita kenakan-, kita ganti saja pakai bawang merah goreng yang sudah jadi. Gampil kan? memasak lebih praktis, tanpa ada bau-bau tidak menyenangkan di home sweet home eh kos sweet kos kita. Tenang saja, hasil nasi goreng kita akan sama dengan nasgor yang pakai bawang merah segar, asal teknik memasaknya tepat.

Tapi bagi yang lebih suka pakai bawang merah segar, it's absolutely okay. Dirajang tipis-tipis lalu gorenglah dia terlebih dahulu sebelum memasukkan bahan lain.

Ini bukanlah nasi goreng tipikal indonesia melainkan nasi goreng internasional. Bahannya ada Bratwurst dari Jerman, pakai saus Hoisin asal Hongkong dan nasi dari Thailand. Tentu saja pakai Kecap manis kebanggaan kita bersama. Saus Hoisin bisa dibeli di supermarket terdekat atau olshop kesayangan. Pilihlah merek Lee Kum Kee. Ini saus terlezat berkualitas prima. Saus hoisin mempunyai rasa gurih manis yang lezat. Saus ini bisa dipakai untuk segala jenis oseng-osengan baik sayur, ikan maupun daging.

Jangan lupa sesaat sebelum matang, kasih sejumput micin dan satu sendok teh rice wine. Rice wine adalah arak masak atau kalau di Jepang atau korea gitu namanya mirin. Di China namanya Shaoxing. Arak masak versi halal adalah air tape ketan. Rasanya seperti itu. Pokoknya kalau masak oseng-osengan berilah micin dan rice wine maka rasanya semakin nendang.

Bahannya suka-suka saja ya, sesuaikan dengan isi kulkas. Yang penting ada sumber vitamin, protein dan karbo. Di resep ini saya pakai pentol bakso dan Bratwurst untuk protein. Vitamin dari aneka sayuran.

Oh iya, kunci lezatnya nasi goreng adalah dengan menggunakan nasi dingin yang tidak terlalu lembek, pakai panas/api tinggi dan cukup minyak. Jangan terlalu banyak kasih bumbu cair (saus, kecap dll) agar tidak lembek. Dan gorenglah dalam minyak yang cukup. Jika minyak terlalu sedikit maka nasi gorengnya tidak akan lezat.

Yuk mareee...

Resep Nasi Goreng ala anak kos super praktis, lezat bergizi tinggi

Bahan-Bahan

  • 3 porsi Nasi dingin (sekitar 350 gram)
  • 6 Pentol Bakso
  • 3 Bratwurst (sosis)
  • Aneka Sayur Kesukaan (wortel, kapri, brokoli, dll.)
  • 5 sdm Minyak Goreng

Bumbu-Bumbu

  • 2 Bawang Putih
  • 2 sdm Bawang Merah goreng
  • 1 sdm Kecap Manis
  • 1 sdm Saus Hoisin (Hoisin Sauce) 
  • 1 sdt Garam
  • Sejumput Micin
  • 1 sdt Rice Wine (Arak Masak/Mirin/Shaoxing/air tapai) Optional

Cara memasak nasi goreng rasa internasional ala anak kos

  1. Potonglah sayuran sesuka hati, asal kecil-kecil. potonglah Pentol bakso kecil-kecil. Bratwurst boleh juga dipotong pendek-pendek, atau masukkan gelondongan. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Geprek bawang putih dan cacah halus, lalu masukkan ke dalam minyak panas. Goreng sampai layu, jangan sampai hitam. Kalau hitam artinya gosong.
  3. Masukkan potongan sayuran, pentol bakso dan bratwurst. Goreng terus sampai sayuran layu.
  4. Masukkan Bawang merah goreng dan nasi. Oseng terus agar tidak gosong. Lalu masukkan kecap manis, saus hoisin dan garam.
  5. Aduk-aduk terus sampai rata. Cicipi.
  6. Sesaat sebelum diangkat, berilah sejumput micin dan satu sendok teh rice wine lalu oseng-oseng dengan cepat sampai tercampur rata. Cara memberikan rice wine adalah dengan menyiramkan pada dasar wajan agar langsung menguap lalu dengan cepat diaduk-aduk dengan semua bahan sehingga yang tersisa adalah kelezatan rasanya.

Selesai. Selamat menikmati. Nasgor internasional yang praktis dan cepat ini cocok dimakan panas-panas dengan cabe hijau utuh. Jangan lupa kerupuk sebagai lauk. 

Sampai jumpa pada resep mudah selanjutnya. Percayalah, memasak adalah hal praktis dan mudah yang tidak bikin kamu sengsara, asal resepnya seperti di blog "Masakan Kosan" ini. 

Bis dahin alles Gute und bis bald....

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa