Langsung ke konten utama

Resep Keju Panggang isi Kentang Made in Germany

Resep Keju Panggang molor isi Kentang Made in Germany

Keju panggang gurih legit molor-molor tipikal Jerman. Cara memasaknya mudah dan simpel, cocok buat anak kos yang kreatif dan supel. Bergizi tinggi dan penuh vitamin. Siapapun akan menyukai keju panggang bikinan sendiri ini.

Keju panggang molor-molor isi kentang dan aneka sayuran ini adalah makanan rutin yang sesekali muncul di meja makan karena cara bikinnya sangat amat mudah. Tinggal iris-iris dan cemplung-cemplung kemudian sabar menunggu di oven sampai coklat. Maka makanan khas Jerman yang lezat dan legit ini siap dinikmati bersama.

Begitulah gaes, sebagai anak kos kamu harus fleksibel. Janganlah selalu makan nasi sehari tiga kali tetapi makanlah makanan lain karena tak ada yang tahu, kemana kamu akan tinggal tahun depan. Bisa jadi kamu akan dapat beasiswa ke luar negri, atau berjodoh dengan orang luar negri. 
Maka sekarang kamu harus membiasakan diri dengan tidak makan nasi, karena di luar negeri, makanan sungguh bervariasi. Tidak harus nasi sebagai sumber karbo.

Lagipula dengan mengurangi makan nasi, kamu akan membantu pemerintah dalam rangka pengadaan pangan. Agar di Indonesia segera terwujud swasembada beras. Biarlah persediaan beras dimakan oleh generasi pendahulu kita yang mana mereka merasa belum makan jika belum makan nasi, meskipun baru makan seporsi besar kentang goreng atau ubi rebus misalnya.

Makanan suka-suka kaya akan variasi


Resep keju panggang ini adalah tipikal makanan orang Jerman. Namanya Auflauf. Isinya aneka ragam tergantung suasana alam dan kesediaan bahan di pasar. Ada yang suka mengisinya dengan kentang, bayam, brokoli dan segala jenis sayuran yang tersedia di pasar. Ada juga yang lebih suka mengisinya dengan daging-dagingan. Bahkan ada juga yang lebih memilih dengan isi potongan ikan salmon, herring dan lain sebagainya. Pokoknya suka-suka yang bikin.
Kamu bahkan bisa mengisinya dengan mie atau aneka pasta, makaroni atau spageti. Dari semua bahan pengisi, mereka mempunyai kesamaan yaitu harus dimatangkan terlebih daahulu entah itu direbus, digoreng atau apapun.

Cobalah mengisinya dengan kombinasi dari kentang, potongan ikan salmon dan bayam. Itu adalah varian favoritku.

Gunakan Bahan makanan lokal


Di Jerman memang begitu, pasar tradisional mingguan isinya tidak selalu sama, melainkan sayuran musiman. Dan aku suka itu, jadi serasa dituntut kreativitas mengolah bahan makanan lokal. Aku memang lebih suka mengolah bahan makanan lokal daripada impor. Sesekali saja beli bahan impor seperti pare pahit atau nangka beku.

Tahukah kamu bahwa umumnya kota-kota di Jerman tidak mempunyai tempat tetap untuk pasar tradisional? Pasar tradisional hanya ada sekali dalam satu minggu. Di kotaku berlangsung tiap hari jumat. Semacam pasar kaget gitu. Cuma jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Para pedagang akan menggelar dagangan mereka di Marktplatz (alun-alun tengah kota). Mereka mempunyai tenda-tenda atau mobil buka tutup. 
Setelah selesai jualan mereka akan beberes dan membersihkan alun-alun lalu tempat ini selanjutnya akan berfungsi sebagaimana menstinya. Ada alun-alun yang digunakan sebagai tempat parkir atau sebagai tempat terbuka begitu saja.



Keju yang bikin molor


Keju molor-molor itu namanya Mozzarella, terbuat dari susu kerbau. Bisa dibeli di supermarket atau olshop kesayangan. Ada yang berbentuk serutan maupun utuh. Dalam resep ini sebaiknya gunakan yang versi serut atau parut. Keju Mozzarella rasanya lembut tapi molornya terasa sangat legit dan gurih.

Bagi yang suka dengan rasa yang lebih intensif, cobalah pakai jenis keju lain misalnya Edamer atau Gouda. Atau bagi yang suka rasa asin amit-amit, pakailah keju cheddar.

Lalu untuk menambah rasa gurih dan menciptakan saus kental, orang akan memberikan susu dan telur kedalamnya. Cobalah pakai santan, ini juga sangat lezat.

Oh iya masakan ini hanya perlu bumbu minimalis karena keju dan susu sudah sangat terasa lezat. Bumbunya cuma garam dan merica saja. Tentu saja orang bisa bikin variasi sesuka hari misalnya dengan memberikan serbuk oregano. Atau bagaimana dengan serbuk kare? cobalah....

Resep Auflauf, yaitu Keju Panggang model Jerman

Resep Keju Panggang isi Kentang Made in Germany


Bahan-Bahan

  • 200 gram Keju Parut
  • 500 gram Kentang
  • 150 gram Bayam beku atau Bayam Segar dua ikat
  • 1 kaleng (150 gram) Kacang Polong
  • 250 ml Susus atau Santan
  • 2 Telur
  • 1 sdt tepung terigu
  • Margarin/butter/minyak goreng buat olesan

Bumbu-Bumbu

  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Lada Bubuk
  • 1 sdt Gula

Cara Membuat Keju Panggang super praktis dan cepat

  1. Panaskan oven 200°C atas bawah.
  2. Kupas dan potonglah kentang kecil-kecil lalu rebus sampai matang. Rebus juga bayam segar. Bayam beku sudah matang jadi tinggal dicairkan saja, tak perlu di rebus. Sisihkan.
  3. Dalam sebuah mangkok, campurlah telur, terigu dan susu atau santan. Bumbui dengan garam, lada bubuk dan gula. Kocok sampai rata. Cicipi.
  4. Siapkan pinggan/loyang, olesi dengan butter/margarin/minyak agar tidak lengket. Masukkan dan susunlah kedalamnya setengah bahan yaitu kentang rebus, bayam dan kacang polong. Taburi dengan setengah keju parut. Susun lagi semua bahan di atasnya lalu siramlah dengan kocokan telur dan susu. Terakhir taburi dengan sisa keju ampai semua tertutup.
  5. Pangganglah dalam oven dengan suhu atas bawah 200°C selama 15 menit atau jika permukaan keju sudah berwarna coklat di sana-sini.
  6. Jika tidak punya oven, cobalah memanggangnya pakai kompor dengan wajan datar. Tutup terus wajannya sampai keju meleleh. Jangan dibolak-balik.
  7. Selesai, sajikan langsung pakai loyang/pinggan/wajan.

Begitulah resep praktis dan cepat ala anak kos kreatif. Keju panggang ala Jerman ini sangat asik bila dihidangkan langsung dan dimakan panas-panas. Selamat menikmati dan sampai jumpa pada resep praktis dan super kilat selanjutnya.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa