Langsung ke konten utama

Semur Hati Ampela Advanced Versi Anak Kos

resep anak kos Semur Hati Ampela Advanced

Resep semur hati ampela mudah dan cepat versi anak kos. Advanced. Tanpa ulek tanpa ribet langsung jadi. Dijamin lezat dan sedap. Proses memasaknya praktis dan mudah, cocok bagi anak kos atau anak sibuk yang suka memasak super cepat tanpa penderitaan di dapur.

Semur hati ampela ini rasanya legit dan gurih. Pokoknya kalau selera makan sedang menurun, bikin saja semur ini, dijamin langsung sembuh. Tapi ingat ya, makan jerohan tidak boleh terlalu sering melainkan sesekali saja. Sebulan sekali cukup lah. Atau sepotong saja untuk makan malam buat lauk makan nasi dan sayuran yang banyak.

Meskipun begitu kita akan bikin satu kilo! Terdiri dari setengah kilo hati ayam dan setengah kilo ampela. Soalnya di supermarket yang ada cuma paketan setengah kiloan. Di Jerman yang ada adalah hati ampela beku, ada yang berasal dari ayam kalkun dan ayam biasa yang lebih kecil. Ternyata ayam kalkun lebih berbesar hati lho....

Nah setelah matang, kita makan satu porsi. Sisanya dimasukkan dalam wadah kemudian disimpan di lemari pembeku. Maka lauk lezat semur hati ampela akan tersedia selama beberapa waktu kedepan. Tinggal masak sayur dan nasi, lauknya ambil dari lemari pembeku. Praktis kan? hidup ini memang bisa dibikin praktis kok, tinggal kita saja yang kudu pandai mengaturnya.

Ini adalah semur versi Jawa. Dulu emak saya sering membuatnya. Karena lidah jawa, maka rasanya cenderung manis gurih. 

Ah ngemeng-ngemeng tentang Jawa. Entah kapan saya bisa pulkam. Sudah dua kali penerbangan saya gagal gegara pandemi padahal kangen keluarga sudah membuncah. Jadi kadang kalau sedang senggang dan tetiba kepikiran, saya suka membuka foto-foto kenangan dari Jawa. Bukannya membuat rasa kangen terobati melainkan bikin tambah kangen!

Kangen masak bareng emak

Jajan di Banyuwangi serasa di Prancis ;-)

Apalagi di Jerman sekarang sedang lockdown babak ke dua. Belum lagi suhu udara di luar semakin membeku. Pun matahari tak pernah muncul.

Ya sudahlah daripada semakin galau mending nguplek di dapur. Hasilnya adalah semur hati ampela advanced karena proses memasaknya disederhanakan sedemikian rupa namun tak menghilangkan keasliannya. Rasanya? jangan ditanya. Sama seperti semur hati ampela buatan emak di Jawa.

Kacang Kemiri dan Kacang Mandel

Bagi yang sedang tinggal di luar negeri, tentu ada kesulitan dalam membeli kemiri. Di Jerman setahu saya hanya ada satu toko yang menjual kemiri yaitu di Hamburg. Saya jarang ke Hamburg dan pada suatu saat saya membandingkan rasa kemiri dengan aneka kacang bule seperti almond, kenari, macadamia dan lain-lain. Ternyata yang paling sama adalah kacang almond atau mandelnuss. 

Kemiri dalam masakan berguna untuk mengentalkan kuah dan juga untuk memberikan rasa legit dan gurih pada masakan. Jadi jika kamu membaca dalam sebuah resep ada kacang kemiri, jangan di skip ya. Jika tidak ada gantilah dengan kacang almond atau kenari.

Resep semur hati ampela advanced versi anak kos. Praktis dan super cepat, rasanya lezat

Bahan-Bahan

  • 400 gram Hati Ayam atau Kalkun
  • 500 gram Ampela
  • 3 sdm Minyak
  • 250 Air

Bumbu-Bumbu

  • 150 gram (7 - 10 siung) Bawang Merah
  • 3 siung Bawang Putih
  • Cabe (opsional)
  • 4 sdt Kemiri atau Almond bubuk
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • 1 sdt Garam
  • 5 sdm Kecap Manis

Cara Memasak Tumis Hati Ampela Advanced Ala Anak Kos

masakan kosan


  1. Jika pakai hati ampela beku, cairkan terlebih dahulu, lalu potong kecil-kecil sesuka hati. Jika pakai hati ampela segar, cucilah terlebih dahulu, lalu potong-potong kecil. Sisihkan.
  2. Rajang kasar (chopped) bawang merah dan bawang putih (dan cabe, opsional). Goreng dengan 3 sdm minyak sampai layu.
  3. Masukkan hati ampela, air dan semua bumbu, juga kecap manis. Tumis dengan api sedang dan tutuplah wajan/panci agar matangnya sempurna. Sesekali dibalik agar masak merata.
  4. Tumis terus sampai semua matang. Jika sudah matang bukalah tutup panci/wajan agar airnya sedikit menguap. Lanjutkan menumis sampai kuahnya menyusut dan menjadi agak kental.

Selesai. Tumis hati ampela versi mudah dan super praktis ini cocok dimakan bersama dengan nasi hangat dan sayuran misalnya sayur cabe pedas nampol ini,  atau sayur lodeh nangka tanpa ulek tidak ribet ini.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada resep super praktis dan mudah lainnya, yang tentu saja cocok buat anak sibuk ngantor ngampus dan rajin kreatif di dapur.

Komentar

Resep Masakan Yang Lain:

Resep Spaghetti Bolognese Asli Dari Italy

Resep praktis dan sederhana ala anak kos: Spaghetti Bolognese asli dari Italia. Mudah dan cepat membuatnya, bahan sederhana tersedia dimana-mana. Saus Bolognese halal dan rasanya juara.  Saya pernah ke Italia dong, bahkan beberapa kali. Terakhir adalah sesaat sebelum bencana corona melanda. Jika mengingat waktu itu, alangkah indahnya masa-masa pra corona. Dunia ini begitu bebas dan meriah. Orang bisa pergi kemana saja tanpa rasa was-was. Pokoknya masa-masa cemerlang dunia adalah masa sebelum corona. Waktu itu kami road trip dari ujung ke ujung Italia Utara. Mulai dari bagian timur yaitu daerah pantai sekitar Rimini, mampir ke negeri mungil San Marino, kemudian melintasi dataran tinggi Toscana sembari menginap di sana-sini, dan berakhir di Pisa, sebelum kembali ke Jerman. Italia telah menjadi tujuan favorit, begitu juga dengan makanannya. Selama di Italia, setiap hari yang saya pesan kalau tidak pizza ya spaghetti dan segala jenis pasta-pastaan. Ada puluhan atau mungkin ratusan varian s

Eierlikörtorte, Kue Tart Low Carb Topping Telur dari Jerman

Eierlikörtorte, kue tart Jerman yang lezat dan nikmat. Low carb dan mengandung protein tinggi karena dasaran tart tidak menggunakan tepung melainkan kacang. Lebih lezat dan sehat daripada beli tart di toko. Cara membuatnya mudah. Hanya perlu mixer dan oven. Kamu tahu tart black forrest kan? itu adalah tart asal Jerman yang nama aslinya bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya. Cobalah: Schwarzwälder Kirschtorte. Itulah nama aslinya.  Namun kali ini kita tidak akan membuat itu melainkan tart yang tak kalah lezatnya yaitu Eierlikörtorte. Terjemahan bebasnya adalah kue tart arak telur atau Advocaat. Jadi tart ini ber-topping Advocaat itu tadi. Dia bisa dibeli botolan, mereknya ya advocaat itu. Warnanya kuning ngejreng, rasanya manis lembut menggoda. Terbuat dari oplosan alkohol (rum atau yang lain), kuning telur dan gula plus vanili sebagai aroma. Tetapi jika kamu ingin membuat Eierlikötrorte yang juga cocok untuk anak-anak, tanpa alkohol, ganti saja toppingnya menggunakan agar-agar rasa